Pewarisan (Inheritance) OOP: Aplikasi Warung Makanan Sederhana

Dalam aplikasi kali ini diterapkan skenario pewarisan hybrid antara multilevel dengan hierarchical inheritance. Class seafood merupakan turunan dari class makanan. Class makanan dan class minuman merupkaan turunan dari class menu. Dengan memanfaatkan fitur pewarisan, sebuah class baru dapat dibuat dengan cepat, dan bisa langsung digunakan; bahkan meskipun tidak ada isi di dalam class-nya.

public class cMenu {
    private String nama;
    protected double harga;
    cMenu(){
        System.out.println("Default constructor...");
    }
    cMenu(String n, double h){
        nama=n; harga=h;
        System.out.println("Object menu dibuat...");
    }

Pewarisan (Inheritance) OOP: Aplikasi Toko Pakaian Sederhana

Berikut ini contoh skema pewarisan multilevel dan hierarchical yang diterapkan pada aplikasi toko pakaian sederhana. Class seragam turunan dari class baju. Class baju turunan dari class barang. Class sepatu juga merupakan turunan class barang. Dengan adanya pewarisan, maka class seragam dan class sepatu otomatis mendapatkan sifat-sifat yang dimiliki class induknya, sehingga tidak perlu menulis source code-nya lagi dari awal. Kemudian tinggal dipakai di class main/ aplikasi.

public class cBarang {
    private String kode;
    private String nama;
    private double harga;
    cBarang(){
        kode=""; nama=""; harga=0;
        System.out.println("Object barang dibuat...");
    }
    cBarang(String k, String n, double h){
        kode=k; nama=n; harga=h;
        System.out.println("Induk...");
        System.out.println("Object barang dibuat...");
    }

OOP Class Container: Aplikasi Warung Makan Sederhana

Berikut ini adalah source code beberapa class provider dan class aplikasi untuk membuat aplikasi warung makanan sederhana. Isi class masih minimalis. Atribut dan method-nya bisa ditambahkan/ dilengkapi lebih lanjut. Transaksi relasinya: seorang pengunjung bisa membeli banyak makanan.

public class cPengunjung {
    private String nama;
    private String alamat;
    cPengunjung(String n, String a){
        nama=n; alamat=a;
        System.out.println("Object pengunjung dibuat...");
    }
    public String getNama(){
        return nama;
    }
    public String getAlamat(){
        return alamat;
    }
}

Class Utama untuk Aplikasi SIAMIK Versi 3

Berikut source code lengkap untuk aplikasi Sistem Informasi Akademik, sub sistem pengisian KRS mahasiswa. Untuk bisa dijalankan, sertakan pula semua class provider-nya.

package pkgSIAMIK;
import java.util.Scanner;
public class appSIAMIK3 {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner sc = new Scanner(System.in);
        //object-object utama/ master di MAIN
        //sementara dibatasi 3 org dulu
        cMhs mhs[]=new cMhs[3];
        //buat object mhs uji coba
        mhs[0]=new cMhs();
        mhs[0].setNPM("123");
        mhs[0].setNama("Budi");
        mhs[0].setIPK(3.45);

Class Provider untuk Aplikasi SIAMIK Versi 3.0 (Container)

Ada dua buah class provider yang dimodifikasi untuk menerapkan class container, yaitu class program studi yang menampung banyak object mahasiswa, dan class KRS yang menyimpan satu object mahasiswa dan banyak object mata kuliah.

public class cProdi {
    private String kodeProdi;
    private String namaProdi;
    private String akreditasi;
    private cMhs [] mhs;
    private int jmhs, maksmhs=10;
    cProdi(){
        kodeProdi="XYZ";
        namaProdi="ABC";
        akreditasi="N/A";
        //asumsi dibatasi 10 org mhs saja dulu
        mhs=new cMhs[10];
        jmhs=0;
        System.out.println("Object Prodi dibuat...");
    }