Program Dasar OOP (Membuat Class dan Object)
Program Hello World dengan Bahasa Java
Program "Hello, World" adalah program yang biasanya pertama kali dibuat/ ditulis oleh seseorang yang baru memulai belajar ngoding. Karena masih pertama kali, maka luaran/ tampilan yang dihasilkannya pun juga masih sangat sederhana; hanya dua buah kata "Hello" dan "World". Namun demikian, di program yang pertama ini, selain belajar mengenal perintah untuk menampilkan teks, maka sebenarnya kita juga belajar tentang syntax dasar dalam bahasa Java, diantaranya tentang penggunaan tanda kurung kurawal sebagai batas ruang lingkup source code. Kemudian tentang tanda titik koma yang berfungsi untuk mengakhiri setiap perintah. Juga tentang penggunaan huruf besar atau huruf kecil; karena bahasa Java termasuk yang case-sensitive yang artinya huruf besar dan huruf kecil dianggap berbeda.
OK. berikut ini adalah contoh source code programnya. Selamat mencoba :)
Program Relasi OOP: Aplikasi Bank Sederhana
import java.util.Scanner;
class Nasabah{
String Nama;
String Alamat;
int noKTP;
int jumlahtab;
double totaluang;
tabungan tab []; //array untuk menyimpan banyak objek tabungan
Nasabah (int n, String N) {
noKTP = n;
Nama = N;
System.out.println("Nasabah "+Nama+" berhasil dibuat" );
tab = new tabungan[5];
}
Pemrograman Operasi File dan GUI dengan Java Netbeans
Untuk pemrograman GUI, dalam Netbeans versi 7, bisa dibuat dengan cara membuat class baru dalam package project. Klik kanan pada package, kemudian pilih New - JFrame. Dalam mode design, bisa dibuat rancangan tampilan GUI-nya dengan menambahkan komponen-komponen yang dibutuhkan dari jendela palette dan properties yang ada di sebelah kanan. Biasanya komponen yang sering dipakai adalah Label, Text Field dan Button. Label dipakai untuk memberi keterangan di sebelah Text Field. Text Field untuk menuliskan input/ menampilkan output. Sedangkan Button untuk menjalankan operasi/ perintah yang diinginkan.
Pembahasan UTS: Program untuk Menampilkan Segitiga Rata Kanan Menghadap ke Bawah
Soal nomor tiga tentang tracing. Sebagaimana dibahas di kelas, langkah pertama adalah menggambarkan tabel tracing-nya. Setidaknya ada empat kolom, yaitu untuk variabel i, j, k dan display. Selanjutnya tinggal mengikuti jalannya program secara teliti dan hati-hati. Sedikit catatan, bahwa di dalam looping j, terdapat tiga perintah setara, yakni looping i, looping k, dan System.out. Ini berarti setelah looping i selesai, maka dilanjutkan looping k. Setelah looping k selesai, maka dilanjutkan System.out. Dan setelah itu baru kembali ke atas; ke bagian decrement looping j (j--).