Program Dasar OOP (Membuat Class dan Object)

Berikut ini adalah contoh source code program implementasi OOP untuk membuat program tentang pencatatan plot ruang ujian mata kuliah yang diikuti mahasiswa. Program ini sifatnya masih terbatas tester (pengujian) terhadap method-method yang dibuat: apakah sudah bisa berjalan sesuai harapan, ataukah belum. Program ini juga belum melibatkan kendali terstruktur percabangan, perulangan, maupun pembuatan menu utamanya. InsyaAllah akan dilengkapi di source code berikutnya. Selamat belajar :)
 
package pkgAkademik;

//Mahasiswa mengikuti ujian BP2 di ruang 301
class cMahasiswa{
    //data member
    private String nama;
    private String npm;
    private double ipk;

Program Hello World dengan Bahasa Java

Program "Hello, World" adalah program yang biasanya pertama kali dibuat/ ditulis oleh seseorang yang baru memulai belajar ngoding. Karena masih pertama kali, maka luaran/ tampilan yang dihasilkannya pun juga masih sangat sederhana; hanya dua buah kata "Hello" dan "World". Namun demikian, di program yang pertama ini, selain belajar mengenal perintah untuk menampilkan teks, maka sebenarnya kita juga belajar tentang syntax dasar dalam bahasa Java, diantaranya tentang penggunaan tanda kurung kurawal sebagai batas ruang lingkup source code. Kemudian tentang tanda titik koma yang berfungsi untuk mengakhiri setiap perintah. Juga tentang penggunaan huruf besar atau huruf kecil; karena bahasa Java termasuk yang case-sensitive yang artinya huruf besar dan huruf kecil dianggap berbeda.

OK. berikut ini adalah contoh source code programnya. Selamat mencoba :)

Program Relasi OOP: Aplikasi Bank Sederhana

package bankapp;

import java.util.Scanner;
class Nasabah{
    String Nama;
    String Alamat;
    int noKTP;
    int jumlahtab;
    double totaluang;
 
    tabungan tab []; //array untuk menyimpan banyak objek tabungan
   
Nasabah (int n, String N) {
        noKTP = n;
        Nama = N;
        System.out.println("Nasabah "+Nama+" berhasil dibuat" );
        tab = new tabungan[5];
    }

Pemrograman Operasi File dan GUI dengan Java Netbeans

Dalam operasi file, pustaka (library) yang digunakan antara lain: java.io.File, java.io.FileNotFoundException, java.io.PrintStream, dan java.util.Scanner. Secara umum pustaka Scanner akan dipakai untuk membaca isi file. Sedangkan pustaka PrintStream dipakai untuk menuliskan data ke dalam file. By default, file data akan berlokasi di folder yang sama dengan project source code yang sedang aktif.

Untuk pemrograman GUI, dalam Netbeans versi 7, bisa dibuat dengan cara membuat class baru dalam package project. Klik kanan pada package, kemudian pilih New - JFrame. Dalam mode design, bisa dibuat rancangan tampilan GUI-nya dengan menambahkan komponen-komponen yang dibutuhkan dari jendela palette dan properties yang ada di sebelah kanan. Biasanya komponen yang sering dipakai adalah Label, Text Field dan Button. Label dipakai untuk memberi keterangan di sebelah Text Field. Text Field untuk menuliskan input/ menampilkan output. Sedangkan Button untuk menjalankan operasi/ perintah yang diinginkan.

Pembahasan UTS: Program untuk Menampilkan Segitiga Rata Kanan Menghadap ke Bawah

Dari empat soal UTS kemarin, jawaban untuk soal nomor satu bisa dilihat kembali di catatan/ slide. Teoritis; sudah kita bahas di kelas selama dua pertemuan. Soal nomor dua, relatif mudah. Percabangan sederhana menggunakan perintah if-else. Mungkin sedikit rumit dalam menuliskan kondisi untuk menerjemahkan nilai antara sekian hingga sekian. Solusinya, gunakan operator logika AND (&&). Contohnya: if (nilai>=70 && nilai<80) dst.

Soal nomor tiga tentang tracing. Sebagaimana dibahas di kelas, langkah pertama adalah menggambarkan tabel tracing-nya. Setidaknya ada empat kolom, yaitu untuk variabel i, j, k dan display. Selanjutnya tinggal mengikuti jalannya program secara teliti dan hati-hati. Sedikit catatan, bahwa di dalam looping j, terdapat tiga perintah setara, yakni looping i, looping k, dan System.out. Ini berarti setelah looping i selesai, maka dilanjutkan looping k. Setelah looping k selesai, maka dilanjutkan System.out. Dan setelah itu baru kembali ke atas; ke bagian decrement looping j (j--).